Penyebab Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Posted by Ganas003 on September 05, 2019 in
Indonesia yaitu salah satu negara yang terletak di daerah asia tenggara dan daerahnya yang berbentuk kepulauan. Indonesia memiliki sejarah yang panjang mulai dari zaman kesukuan, kerajaan, penjajahan dan zaman modern menyerupai kini ini. Sebelum terbentuk kerajaan di indonesia sudah ada kelompok atau suku yang mendiaminya.
 Indonesia yaitu salah satu negara yang terletak di daerah asia tenggara dan daerahnya  Penyebab Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun oleh Belanda
indonesia
Kemudian datanglah pendatang dari daratan india yang beragama hindu dan budha untuk membentuk peradaban gres dan mungkin membuatkan agamanya. Banyak kerajaan hindu budha yang berdiri di indonesia, salah satunya yaitu kerajaan pajajaran, majapahit, kutai, sriwijaya dan lainnya.

Di indonesia kerajaan terbesar dalam sejarah yaitu kerajaan majapahit yang terletak di pulai jawa, lebih tepatnya di jawa timur. Kerajaan tersebut menguasai hampir seluruh daerah indonesia dikala ini bahkan lebih besar lagi. Akan tetapi alasannya yaitu sebuah perang saudara kerajaan tersebut mulai mengalami kemunduran dan runtuh.

Setelah keruntuhannya muncullah kerajaan gres yaitu kerajaan demak yang bercorak agama islam, alasannya yaitu pada waktu itu masuk agama islam di indonesia. Seperti kerajaan majapahit kerajaan demak mengalami perang saudara dan runtuh sehingga muncul kerajaan lain. Kerajaan tersebut yaitu kerajaan pajang yang ada di daerah magelang, sehabis meninggalnya rajanya yang pertama kerajaan tersebut menyerupai tidak ada penerusnya.

Setelah itu muncullah kerajaan mataram gres yang ada di daerah yoyakarta hingga datangnya penjajahan di indonesia. Banyak negara yang tiba ke indonesia untuk menciptakan koloni atau menjajah dan mengambil kekayaan alamnya. Negara tersebut menyerupai belanda, spanyol, portugis, inggris dan lainnya dengan jangka waktu relatif beragam.

Belanda yaitu negara lebih banyak didominasi yang menguasai dan menjajah indonesia dalam segi luas wilayah dan jangka waktu lamanya. Dalam menguasai indonesia, belanda melakukannya sedikit demi sedikit, salah satunya dengan membangun benteng di banyak sekali tempat. Pada dikala itu terjadi pemberontakan di kerajaan mataram oleh trunojoyo, hingga sanggup menguasai ibu kota kerajaan tersebut.

Kemudian penguasa mataram melarikan diri dan meminta sumbangan VOC atau kongsi dagang dari kerajaan belanda. Dengan sumbangan tersebut VOC dijanjikan uang dan sanggup mengontrol di beberapa daerah di jawa. Akhirnya mataram dan VOC bergabung untuk mengalahkan pemberontakan trunojoyo dan berhasil.

Setelah perjanjian mataram dan VOC tersebut dampak belanda di jawa semakin besar dan selanjutnya sanggup menguasai seluruh jawa dan bahkan indonesia. Belanda yaitu negara yang paling getol untuk menjajah tanah indonesia dan mengambil kekayaan alamnya. Belanda menjajah negara indonesia kurang lebih selama 350 tahun hingga kesudahannya datanglah pasukan jepang ke indonesia.

Datangnya tentara jepang ke indonesia alasannya yaitu meletusnya perang dunia ke 2, yang dimotori oleh jerman, italia dan jepang di blok  sentral. Setelah jatuhnya bom atom di kota hirosima dan nagasaki, jepang menyatakan mengalah pada sekutu dengan tanpa syarat. Akibat hal tersebut terjadi kekosongan kekuasaan di indonesia lalu terjadilah proklamasi yang menyatakan kemerdekaan indonesia.

Dengan proklamasi tersebut berakhirlah penjajahan di indonesia dan bangsa indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Akan tetapi usaha barulah dimulai, alasannya yaitu belanda tiba ke indonesia untuk menjajah kembali. Dengan perlawanan yang dilakukan tentara dan rakyat indonesia, pasukan belanda dan sekutunya berhasil dikalahkan.

Walaupun usaha belanda untuk menguasai indonesia dilakukan dua kali, yaitu aksi belanda satu dan dua, ia tetap tidak berhasil akan tujuannya tersebut. Pada pada dasarnya indonesia terjajah alasannya yaitu tidak bersatunya dan kurangnya jiwa nasionalis rakyat indonesia. Untuk itu indonesia akan besar lengan berkuasa kalau seluruh rakyat bersatu dan tertanam jiwa nasionalis di setiap jiwanya.